Format angka, tanggal
atau apapun data yang telah diatur sedemikian rupa di MS-Excel kadang hasilnya
tidak seperti yang kita inginkan saat data itu kita merge di MS-Word. Nah agar
format data itu tetap konsisten saat diedit di MS-Excell maupun setelah di
merger inilah cara yang bisa dilakukan.
1. Format data yang akan dijadikan source
mail merge anda sesuai keinginan dan untuk mempermudah pisahkan database kita
dari data lain menjadi satu worksheet (single sheet).
2. Pada MS-Word berikan pengaturan
berikut :
(klik File dan pilih option di kanan bawah kemudian pilih
advanced – General)
3. Lakukan proses mail merge seperti
biasa (proses ini saya yakin teman-teman sudah tahu kan?). Nah pada saat
memanggil database maka perintah 1 tadi akan bekerja disini yaitu
mengkonfirmasi source data
4. Aktifkan show all dan pilih MS Excel
Worksheet via DDE kemudian pilih entire spreadsheet
5. Selesai, silahkan dicoba merubah
format data anda dan lihat perubahan pada MS-Word, berubah kan?
contoh
data base
contoh
hasil merge
Cara ini lebih
efektif dari cara lain misalnya dengan merubah field code yang agak njelimet
dan field by filed.
Tutorialnya dah saya coba dan berhasil, tapi perlu tindakan lainnya yaitu setelah disetting
Confirm…., trus disimpan trus di merger ulang baru format angka berubah.
Untuk mengatasi file yg punya beberapa sheet,
sheet datanya ditaruh paling depan, trus pada saat menyimpan file tersebut
sheet data harus aktif /pointer berada pada sheet data





sip... sip... sip ...., terima kasih buanyak nyak. 5 tahun saya cari ini baru ketemu, kali lagi ma kasih.....
ReplyDelete